Senin, 29 Juli 2013

Festifal Tong-tong klek menjadi tradisi rembang di bulan puasa

Rembang-Dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga kembali akan menggelar festival musik tradiisional thong-thong lek   dalam menyemarakkan hari raya Idul fitri.
Panitia penyelenggara Karsono sekaligus Kabid kebudayaan Dinbudparpora Rembang mengatakan, pelaksanaan kegiatan akan digelar mulai tanggal 3 dan 4 agustus,  dengan pentas keliling  Tanggal 3 dengan start diperempatan  SDN 3 kutoharjo Rembang dan finish di Galonan. Dan pentas panggung Grand final 4 agustus dihalaman stadion krida Rembang.
Untuk melestraikan tradisi tong-tongklek Penyelenggaraan festifal kali ini masih difokuskan pada musik tradisional, sedangkan peserta thong-thongklek elektrik masih sebatas penggembira. Materi lagu wajib yang diusung bernuansa religi islami sesuai dengan nuansa ramadhan. 
Untuk lagu wajib Status hamba(Wali band) dan mencari berkah (wali band). Sedangkan Lagu pilihan Sepohon Kayu 9 Ustad jefry), A ba ta sta (Wali band), Taubatlah taubat ( Syahrini), Berkah (Setia band), Tombo Ati (cak Nun), Udin bertanya (Wali band), Oplosan (Sagita), dan Anoman Obong.
Karsono menambahkan peserta thong-thongklek tradisional minimal 6 peserta untuk bisa terpenuhi penyelenggaran lomba tersebut.
. Kejuaran diambil 1,2,3 dan harapan 1, 2 ,dan 3. Mendapatkan piala dan uang pembinaan dengan nominal Rp 1,5 juta, 1 juta dan 500 ribu rupiah. Pendaftaran di Sanggar budaya Komplek musium RA Kartini rembang. Tradisi festifal thong-thong lek ini diharapkan bisa mengangkat kota Rembang, karena satu-satunya tradisi di propinsi jawa tengah yang digelar menjelang hari raya idul fitri, dan  sudah ada sejak tahun 1972 hingga sekarang.


Sumber:Cbfm Rembang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India