Senin, 29 Juli 2013

Sayur Mrica Makanan Khas Rembang Penghasil ikan

Kabupaten Rembang selain memiliki potensi ikan yang banyak, disana juga memiliki kuliner khas andalan yang berbahan dasar ikan laut segar yaitu Sayur Merica (Jangan Mrico/Kelo Mrico). Kadang bagi seorang mancing mania yang sering melaut pasti ada kalanya bosan dengan masakan olahan ikan hasil pancingan. Disini saya akan memberikan resep kuliner andalan khas Rembang yang sangat digemari masyarakat rembang dimana kesehariannya mereka sering mengkonsumsi ikan laut segar.
Sayur Merica (Jangan Mrico/Kelo Mrico)
Bahan: Semua ikan laut yg bisa dimasak (ikan sembilang, dukang/kedokan, keting, kerapu, kerang-kerong, ikan pethek, ikan-ikan jenis travely dll). Tapi menurut saya lebih suka ikan jenis cat fish soalnya dagingnya lebih ulet dan tidak mudah hancur.
Bahan baku ikan yang akan dimasak Sayur Merica
Ini merupakan resep untuk bahan baku ikan segar sebanyak 3kg. Jika mancing mania menggunakan bahan baku ikan segar lebih atau kurang dari 3kg maka resep tinggal menyesuaikan.

Resep Sayur Merica khas Rembang (Jangan Mrico/Kelo Mrico):
Bumbu halus: 7 bawang merah
3 bawang putih
1 ons cabe merah keriting
1 ons cabe rawit
1 jempol kaki laos
7 kemiri
2 sdm mrica
3 jempol kaki asam jawa
2 jempol tangan kunyit
1/2 jempol tangan terasi
Garam secukupnya
Air secukupnya
Cara memasak:
Semua bumbu diuleg dan dihaluskan. Masukkan air ke dalam panci lalu didihkan. Setelah mendidih masukkan bumbu halus ke dalam panci. Tunggu sampai mendidih lagi. Setelah mendidih masukkan ikan segar yang akan dimasak. Setelah ikan masuk ke dalam panci lalu tunggu sampai mendidih. Untuk menjaga keutuhan ikan di dalam panci maka ikan jangan terlalu sering diaduk karena ikan sangat mudah sekali hancur. Kalau sudah mendidih masakan siap disajikan.
Dijamin setelah mencicipi masakan khas Rembang ini, mancing mania akan lebih sering melaut lagi karena ingin memasak masakan ini lagi.
Rasanya pedes, asem, asin, seger dan hot…..
Sangat cocok dinikmati siang hari pas udara panas saambil minum es



Sumber: R2B Rembang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India